Jalan- jalan Danau Toba

#latepost

Kejadian ini sebenarnya terjadi bulan Februari, saya ingin share saja pengalaman saya dengan 2 sahabat saya, yaitu Irene dan Ocha. Keduanya adalah best partner saya buat jalan-jalan, kita sehati dalam traveling. Inginnya jalan-jalan dengan biaya seminim mungkin. heheeh.. 

Tujuan awalnya sebenarnya adalah menghadiri pernihakan sahabat kita bertiga. Begitu tau sahabat kita itu mau nikah ke Medan, kita bertiga langsung mengatur strategi. Pokoknya kita mau sekalian jalan-jalan di Medan, kalau bisa ke Danau Toba. Akhirnya tiket pun segera dicari, bikin agenda perjalanan, nyewa mobil, dll.

Setelah 6 bulan lebih dulu membeli tiket pesawat, kali ini saya menggunakan maskapai Tiger Airways, biayanya sekitar Rp 500.000-an, PP. Murah kann?!! heheh..

Tanggal 1 Februari 2013, kita akhirnya terbang ke Medan, jam 04.30 WIB, yappp, bener bangett,, subuh tuh.. Saya ampe bingung mau sholat subuh dimana.. hehehe.. tiba sekitar jam 7 di Bandara Polonia. Sumpah ya ini bandara jadul banget, padahal Medan termasuk kota besar di Indonesia, tapi miris banget ngeliat bandara ini..  Makin tidak sabar mendarat di Kuala Namu, yang katanya calon bandara terbesar di Asia Tenggara, akan ada airport railway dari Bandara ke pusat kota Medan, pertama di Indonesia.. a bit late actually, but late is much better than never!

Tempat pengambilan bagasi, hanya 1 jalur!
Irene menyusul karena ada tugas kantor di Pekanbaru, jadi nanti siang kita kembali lagi ke bandara ini. Jadilah saya baru berdua dulu sama Ocha. Dari Jakarta kita sudah atur sewa mobil, mobilnya sudah siap menjemput kita ke bandara. Pagi hari gini sudah ada di Medan, maka kita mauu cari sarapan pagi aja. Makan soto medan, ini sotonya enaaak bangett, harganya cuma Rp 18.000. Saya ampe tambah nasinya.. hehehe.. Minumnya cukup teh tawar hangat saja.. Enakkk!
Tampilan luar tempat makannya.

1 porsi soto daging + paru harganya Rp 18.000

Dapurnya justru didepan

Selesai makan saya masih punya waktu kurang lebih 3 jam sebelum jemput Irene ke Bandara. Saya dan Ocha memutuskan untuk keliling-keliling kota Medan, salah satunya istana Maimun, biaya masuknya Rp 5.000. Sebenarnya saya sudah pernah kesini waktu kecil. dengan semakin besarnya saya, istana ini seperti menyusut ukurannya. Sayang sekali perawatan istana ini tidak maksimal. Padahal sejarahnya bagus sekali.
Ocha di depan Istana Maimun

Singasana Raja

Saya tidak lama di Istana, kayaknya tidak sampai 30 menit.  Selanjutnya saya pergi ke Masjid Raya Medan, masuk ke sini harus berbusana tertutup, jadi saya memakai pasmina supaya masuk kedalamnya. saya juga waktu kecil pernah kesini.. lagi2 masjid ini seperti mengecil. Dulu terkesan besar dan luas sekali..
saya didepan masjid

dari pintu gerbang
Well, waktunya jemput Irene dan langsung ke acara pernikahan teman saya. Saya gak sabar besok pagi. karena besok kami akan pergi ke Danau Toba, lebih tepatnya ke Taman Simalem Resort, resort terdekat dengan Danau Toba, didaerah Sitongging.

Hari Sabtu pagi, sekitar jam 7, supir sudah standby di Hotel kita, Danau Toba here we cooome!! Yippiee..
Sayang, setelah Pematang Siantar, jalanan menuju Sitongging rusak parah. Lubang gede banget dan retak itu udah jadi pemandangan biasa.. Well, berhubung suasana hati lagi senang, jadi kita cuek-cuek ajah.. apalagi Bapak supir kita sepertinya sudah hafal betul jalannnya, jadi tau dimana akan ada lubang atau jalanan retak. Pemberhentian pertama adalah kita mau liat Danau Toba dari Sitongging. Nah, kalau pada punya uang seribuan lama yang warna biru, yang dibelakang gambar Danau Toba ada gambar Sisingamangaraj, disini nih pengambilan gambarnya. soalnya posisinya mirip bangett.. Sayang pas foto Danau Toba saya gak bawa uangnya, padahal di Jakarta saya sudah sempat cari tapi tidak ketemu. Ditempat ini juga bisa melihat air terjun Sipiso Piso, tingginya kurang lebih 800 meter. Untuk mencapai bawah air terjun disediakan tangga untuk turun tapi kita semua gak turun karena udah gak sabar buat ke Taman Simalem Resort. Disini, kita numpang makan Indomie dan kopi.. hehe.. tetep ya dimanapun makannya Indomie.. dingin-dingin makan Indomie kan surga bangett.. yummiiehh



Pemandangan air terjun Sipiso piso

Posisinya mirip di uang seribuan, view dari Sitongging



Enaknya makan indomie..
Kurang lebih satu jam, kita memutuskan makan siang dulu. Makan lagi?! Kan tadi baru makan Indomie, jangankan kalian yang baca, supir kita aja sampai bengong pas bilang kita mau berenti makan, kata dia, "Iyahh,, kalian mau pigi makan lagi? Kan tadi baru makan Indomie".. Yah, namanya juga liburan jadi selagi ada waktu untuk makan ya kita makan.

Selesai makan kita memulai perjalanan lagi, kali ini ke tempat tujuan kita, yaitu Taman Simalem Resort. Enak banget disini, cuacanya dingin, padahal masih sekitar jam 3 sore. Yang mau tau lebih banyak Taman Simalem Resort di sini. Harga per malamnya agak mahal menurut kita bertiga, secara kita bertiga budget traveler, jadi agak mikir untuk menginap disini, tapi setelah dipikir-pikir daripada menginap di Prapat, dengan kondisi hotel yang sudah lebih tua dan harga yang cenderung sama. Yaa, kenapa tidak menginap disini dan kita bertiga pun berjanji untuk tidak mengulang lagi karena mahalnya nginap disini.. hehehehe.. Tapi berhubung bokap saya punya kenalan disini jadi kita dapat disc 30% deh.. Alhamdulillah... hhehehe..

Begitu sampai kita semua langsung ke reservasi untuk mengambil kunci kamar. Bagusnya hotel ini adalah setiap tamu akan ditemani satu staf hotel. Jadi, staf itulah yang bertanggung jawab atas tamu-tamunya, staf yang menemani kita namanya Daniel, tapi kita manggilnya Bang Daniel.. Jadi, pas ketemu Bang Daniel kasih tau kita apa saja hak-hak kita selama menginap di hotel, ternyata kita dapat makan malam dan breakfast (di hotel lain kan cuma dapat breakfast aja), liat sunrise (harus bikin janji dulu, karena titik untuk melihat sunrise  agak jauh, jadi harus reserve mobil hotel dulu), wisata argo, dll. Well, karena lokasinya yang memang jauh dari mana-mana, makanya resort ini konsepnya one stop gitu, semuanya serba ada, gak heran juga kita disediakan makan malam, karena tidak mungkin keluar resort dan cari makan di luar. So, worth it lah dengan harga yang cukup mahal itu.. Sore itu kita istirahat sebentar di kamar, lalu ngeliat sunset. Makan malam ada barbeque set, lumayan laah, kita makan ikan bakar, udang makan n cumi goreng dan lain-nya. Sebenarnya kita boleh pake ruang karaoke, cuma harus pesan dulu. berhubung ada kantor yang lagi buat acara, jadi kita tidak bisa pakai deh.. tapi gak papa. lagi gak pingin nyanyi soalnya. pinginnya menikmati Danau Toba.

Besok paginya terbangun oleh suara telepon, ternyata udah ada morning call, kita disuruh siap2 15menit lagi orangnya jemput. Oia, berhubung ini resort, jadi dari resepsionis ke kamar, kita pake golf car, kemana-mana jadi pake golf car. Seru looo.. soalnya kontur tanah naik turun, jadi kita berasa naik rollercoaster.. hehehe... Agak-agak norak gitu.

Nah, subuh disini dingin bangetttttttttt.. tapi masih tolerable lahh. tapi tetep harus berjaket ria.. Dari kamar kita harus naik mobil resort kurang lebih 10min, ketempat namanya One Tree Hill, itu titik untuk melihat sunrise terbaik. Sayangnya cuaca lagi mendung, jadi sunrise tidak terlalu sempurna, tapi saya amaze dengan pemandanan sunrise di danau toba. Mencoba mengambil gambar dengan kamera, tapi mata ini tidak puas. rasanya lebih indah melihatnya langsung. Subhanallah..! :)

Disini kita agak lama ampe jam6an.. Dari sini kita langsung ke restauran untuk sarapan. Arrhh,, rasanya gak mau pulang.. tapi kita harus kembali ke Medan, berhubung kita mau mampir dulu ke Parapat, makanya kita harus pulang lebih cepat, jam10 kita sudah check out . Berhubung supir kita faseh banget sama jalanan n tau jalan potong dari Simalem ke Parapat cuma perlu waktu 1 jam lebih dikit. Hasilnya?! Temen saya Irene, mabok.. haha.. kalau saya dan Ocha memang orang Sumatra, jadi sedikit banyak sudah terbiasa dengan cara menyetir orang Sumatra.. Poor Irene!! ehehhee.. Well, kebanting banget suasana di Parapat dengan Sitongging, panasnya gak ketulungan.. hehe. Dan hotel-hotel disini itu lebih tua dan serem tampaknya.. hiiiii...

Disini kita numpang makan siang sebelum kembali ke Medan. Di Medan kita mampir sebentar ke toko Kue yang sebelumnya sudah kita pesan.. Trus lanjut ke Bandara.. huaaaa.. we're going back to Jekardaaahh!!

Selama 3 hari itu, kami menghabiskan uang kurang lebih sekitar Rp 1.500.000.. masih lumayan ok lahh.. diluar tiket yaa.

Yuuukk, kita jalan-jalan lagi!!


kamar kita di Taman Simalem Resort

Sunrise -  Gak keliatan, mendung :(

Di main park Taman Simalem Resort

Danau Toba tertutup kabut

Bangun pagi demi sunrise, sayang ketutup kabut

Pemandangan dari kamar.. bagus banget!

Bukitnya tampak empuk untuk guling2an yaa.. ini di samping restauran

Comments

  1. saya barusan dari sana, RUAAAAAAAARRR BIASA.


    Pekanbaru,RIAU.

    ReplyDelete
  2. Tgl27mei2014 kemaren saya baru saja kesana.mantap bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir ya.. keren ya danau toba..

      Delete
  3. Mau nanya donk...untuk sewa mobil untuk medan - simalem ada referensi ga ya? lagi bingung buat nyarinya. trus di simalem, kalian nginep di tipe kamar apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tiwi, saya cari dulu ya catatan saya. Nanti japri saja, boleh email ke ndez_okey@yahoo.com. utk kamar kl gak salah tipe deluxe deh tapi yg view danau toba. Karena tipe deluxe ada pilihan pemandangan sungai juga..

      Delete
  4. Kak, harga kamarnya semalam berapa ya? saya baru cek di websitenya katanya 2jt (itu yg paling murah). Ada cara biar dapet diskon gak ya, kak? Pengen nginap di sana biar cuma 1x seumur idup.

    ReplyDelete
  5. Kalau kakak bisa bantuin, please email me: ivawokas@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Halo Iva, minta diskon ya? Coba aja iseng tanya ke reservasinya minta diskon, ktnya beberapa orang suka dikasih diskon 10%. Semoga berhasil ya..

    ReplyDelete
  7. keren sis jadi pengen kesana

    mau tanya ada email supirnya sis boleh share ?
    terus hotel nginap di simalem berapa ya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..

Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route