Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route

27th May 2014

Hari kedua saya di Tokyo. Kali ini tujuan saya adalah ke Tateyama Alphine Route. Apa itu alphine route? Kurang lebih seperti jalur pegunungan Alpen hanya lokasinya bukan di Swiss melainkan di Jepang. Tateyama ini adalah jalur pegunungan salju abadi di Jepang. Lengkapnya silahkan lihat di sini ya.

Alasan saya kesini apa sih?! Pastinya ngeliat salju dong! Sebagai gadis tropis Asia, melihat dan merasakan salju adalah salah satu impian saya. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk merasakan salju. Makanya pas saya ajak temen-temen saya ke Jepang, saya sudah bilang kalau salah satu agendanya adalah kesini! Kenapa saya perlu bilang ke mereka, karena untuk bisa kesini itu selain membutuhkan waktu seharian dan pastinya biaya yang tidak murah. Berkunjung ke Tateyama Alphine Route ini  adalah biaya termahal yang saya keluarkan selama di Jepang.



Yuk kita mulai perjalanannya. Kereta saya pagi ini adalah pukul 06.40 yang dijadwalkan tiba jam 10.15 di stasiun Toyama. Beruntung saya memiliki JR Pass biaya yang seharusnya dikeluarkan sebesar Y11.700 untuk perjalanan kali ini jadinya gratis tis tis! Statiun Toyama adalah stasiun terdekat untuk memulai rangkaian perjalanan ke Tateyama Alphine Route. Kenapa saya bilang rangkaian? Karena biaya yang dikeluarkan untuk ke Tateyama Alphine Route (yang saya bilang mahal itu lhoo!!) sebagai biaya transportasinya, ada beberapa sarana transportasi yang bisa kita gunakan mulai dari bus, cable car, bus listrik, dst. Tiket yang seharga Y9.490 itu hanya berlaku sekali jalan ya. Karena saya berangkat dari Tokyo, saya pergi menuju Toyama Stasiun, nantinya ujung dari perjalanan ke Tateyama Alphine Route akan berakhir di stasiun Shinano Omachi.

Untuk bisa membeli tiket menuju Tateyama Alphine Route ini kita bisa beli di loket stasiun Dentensu Toyama, letaknya bersebelahan dengan Stasiun JR Toyama tadi, tapi karena sedang direnovasi kita harus jalan keluar stasiun dulu untuk bisa sampai di stasiun Dentetsu Toyama.  Sedikit tips dari Saya, kalau mau kesini, make sure bawa makanan yang banyak dan bawa bekal makan siang ya. Karena akan sulit mencari tempat makan diatas nanti.


Dari Kyoto Station berangkat naik double deck Shinkansen


Loket pembelian tiket ke Tateyama Alphine Route, Stasiun Dentetsu Toyama
Akhirnya perjalanan ke Tateyama Alphine Route segera dimulai, sarana transportasi pertama yang saya pake adalah kereta listrik. Walaupun penampakan keretanya jadul tapi semua alatnya masih berfungsi baik dan sangat bersih. Salut banget deh! Dan lagi-lagi mereka on time, walaupun penumpangnya cuma 10 orang mereka tetep jalan sesuai skedul.

Walaupun stationnya jadul tapi tetap terawat dan bersih, Indonesiaku, kapan begini?

Bener kan, biaya termahal saya! Y9.490, berapa klo di kurs-in? Hitung sendiri.. heheh

Segera naik kereta

Anak sekolah, dijalanan pun mereka tertib antri.

Padi yang menguning.. yaiyahlahhh di Indonesia juga ada ya!.. heheheeh

Masinis sibuk bekerja.. lagi2 jadul tapi tetap terawat dan berfungsi baik

First stop, Bijodaira. Naik bus untuk selanjutkan naik Cable Car
setelah turun bus, akhirnya sampai di tempat pemberhentian berikutnya yaitu Bijodaira, dari sini saya akan pergi menggunakan Cable Car. Suasana sejuk mulai terasa walaupun belum terlalu dingin. Suhunya hampir sama kayak di Puncak deh. Setelah naik cable car dilanjutkan dengan menggunakan bus. Karena busnya tidak terlalu ramai, jadi kita semua duduknya menyebar karena pada mau duduk di pojokan supaya puas melihat pemandangan.

Cable Car, jauh lebih tinggi dari yang di Penang dan Hongkong

Say hi from Ocha dan Vidya
Moda transportasi berikutnya: bus!

Antri naik Bus

Saljuuuuuu.. anak tropis panik liat salju!

Add caption

Semakin keatas semakin banyak saljunya

Gunung Tateyama mulai terlihat

Tumpukan salju semakin banyak, didalam bus hangat tapi klo pegang kacanya dingin banget

Anak tropis mulai panik kesenengan begitu mulai melihat salju di luar. Wah, alhamdulillah bisa melihat salju. Setelah naik bus selama kurang lebih 30 menit kita sampai di pemberhentian selanjutnya yaitu Murodo, ini salah satu titik yang paling menyenangkan buat saya, karena saya bisa langsung merasakan salju. Di bulan Mei ini walaupun sudah mulai masuk musim semi tapi salju masih lumayan menutupi gunung. Hati-hati ya jangan sampai main keasyikkan, karena saya tidak ikut tour saya bebas waktunya untuk menghabiskan di tempat-tempat tertentu yang menurut saya bagus seperti di Murodo ini, yang penting saya sudah pegang timetable tranportasi selanjutnya biar bisa balik. Kalo gak saya gak bisa balik ke Tokyo. Nah, alhasil setiap main di sini selalu ngeliat jam biar gak ketinggalan.

Akhirnya Murodo, koridor salju ada disini nih!
Murodo Station

Ocha

The Corridor, karena sudah mulai masuk semi tingginya gak sampai 10 meter
Jalur sebelah buat bus datang

Aaawww.... saljuuuuu #norak

selalu dimana-mana tetep foto loncat

Salju dimana-mana


Setelah puas dan tangan hampir beku, karena gak pake sarung tangan. Akhirnya kita memutuskan ke poin selanjutnya yaitu ke statisun Daikanbo, dari situ kita naik roperailway, semacam kereta gantung yang dimelintas di antara pegunungan, bagusnya jangan ditanya! Bagus bangett!! Dari poin ini kita juga bisa naik ke atas untuk melihat pemandangan gunung-gunung yang tertutup salju menggunakan teleskop (bener gak tuh?) atau teropong gitu.. Tapi bayar, karena saya gak beli coin jadi cuma gegayaan aja foto disini.. hehehee..

Next stop Daikanbo
Tangga menuju pemandangan luar biasa

What a breathtaking view!!




Didalam cable carnya

Rope Railway yang sedang melintas

Rajin ya, siang2 pake jas!
Dari Daidanbo pemberhentian selanjutnya adalah Kurobedaira, ini adalah stasiun untuk melihat dam raksasa di Jepang. Pemandangannya bagus banget. Dari Daidanbo kita akan masuk terowongan yang berujung di dam itu. Rasanya sedikit menyeramkan sih! Jadi inget jaman penjajahan Jepang.. Udah tempatnya suram dan dingin pula.. hiiiiii..

Didalam terowongan bawah tanah Kurobe Dam. Serem ya!

Kurobe Dam, Dam terbesar di Jepang

Baru keluar terowongan, stasiun selanjutnya untuk Shinano Omachi ada di kanan

Last Stop: Shinano Omachi, next 3 hour to Tokyo


Wahh,, akhirnya tiba juga di Shinano Omachi, kereta terakhir dari stasiun ini adalah sekitar jam 19.00 dan tiba di stasiun Asakusabashi, Tokyo sekitar jam 23.03. Karena saya dan teman-teman bisa selesai lebih cepat saya memutuskan merubah tiket kereta menjadi jam 17.00 jadi saya bisa lebih cepat kembali ke Tokyo..

Nah, semoga bisa menjadi inspirasi ya supaya kamu mau kesini. Worth it banget!

Comments

  1. Lagi browsing tau2 nemu blog Disty. hihihi
    Seru banget jalan2nya.. abis dari Jepang kemana lagi kmu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah perjalanannya seru . Kalau bulan maret 2018 tgl 27 an, alpinenya msh banyak saljunya kak? Dr stasiun omachi ke daerah fuji atau hakone lgsg bisa nda ya kira2 kak? Trmksh ya..

      Delete
  2. ahahahha... Meldaaaaa,, kangen beratzz..
    belom tau nih..belum nemu tiket murah lagi,,

    ReplyDelete
  3. Hai salam kenal yah saya pingkan. saya suka sama cerita jalan2 ke jepang punya mba, saya ada beberapa pertanyaan neh saat di kyoto tinggal dimana yah & transportasi dari kyoto ke tokyo apa yah mba ? trus cerita perjalanan hari ke-6&7 nya kok ga ada mba hehehehe, mw tw perjalanan ke disneysea & doraemon museum. Mohon bantuannya yah mba. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba pingkan..
      iyaa, maapp,.. masih draft terus belum ke upload.
      saya di kyoto gak nginep, tapi nginep di Nara Komachi Guesthouse.
      Kyoto ke Tokyo pake kereta, kurang lebih 2 jam..
      disney sea seruuuu.. tapi klo baru pertama kali ke disneyland mending ke disneyland aja.. kemarin gagal ke museum doraemon..

      Delete
  4. Halo mbak... Di tripp Tokyo >>tateyama>> Tokyo habis budget berpa dan durasi perjalanan brp jam Mbk?

    ReplyDelete
  5. Halo mbak... Di tripp Tokyo >>tateyama>> Tokyo habis budget berpa dan durasi perjalanan brp jam Mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sarah, makasih udh mampir ke blog aku ya.
      Untuk trip ke Tateyama biaya yang dikeluarkan Y9.490 untuk tateyama trip dan bus dari akhir trip tateyama ke Shinano Omachi kurang lebih Y1300-an. udah itu aja, karena dari tokyo ke Tateyama dan Shinano Omachi ke Tokyo dicover oleh JR Pass. Durasi perjalanan dari Tokyo ( Akihabara) kurang lebih 3.5 jam sekali jalan. Jadi memang seharian itu dihabiskan di Tateyama..

      semoga membantu ya.

      Delete
    2. hai mbak mao nanya juga dong kalau dari tokyo ke toyama pakai jr pass naiknya keretanya shinkansen hakutaka bukan yahh yg dah di cover jr pass?skali kereta saja apa perlu pindah2 kereta yahh..heheh tq ma rute balik dr station shinano ke tokyo keretanya apa saja yahh...

      Delete
    3. Halo Ling,
      Aku gak terlalu ngeh sm nama kereta krn mengandalkan aplikasi japan train di android atau hyperdia. Klo pertanyaan perlu ganti2 apa gak tergantung naik dari stasiun mana, sy kebetulan dr stasiun asakusabashi, jd perlu ganti2 rasanya perlu ganti deh.. Dr shinano ke tokyo pun naik apa, lagi2 sy mengandalkan aplikasi krn tujuan stasiun di tokyo bisa berbeda2..

      Hope it helps yaa..
      Terima kasih sdh mampir...

      Delete
  6. haiii mba, aku mau nanya dong

    aku plan bulan depan mau ke jepang, apa lebih worthit pake JR pass atau ngga ya?

    trus kalo aku jam 5 subuh berangkat dari osaka ke tateyama apa sempat ikut rangkaian turnya ya?

    thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..

      Terima kasih sdh mampir ke blog aku.

      Worth it atau gak pake jr pass tergantung daya ekplore kamu ke jepang. Klo tinggal lebih dari 5 hari dan explore lbh dr 4 kota rasanya perlu ya. Apalaagi klo kamu pulang pergi dari haneda tapi mau explore kyoto dan kota2 lain. Alternatif lain naik overnight bus, bisa menghemat uang hotel juga.

      Jam5 berangkat dr osaka ke tateyama sempet kok explore tateyama.. Kmrn sy tidk pake tour dan berangkat dr tokyo jam6.. Nanti di toyama ada timetablenya.. Make sure bisa menghitunh waktu supaya gak ketinggalan kereta or bus yaa.. Hope it helps.

      Delete
  7. Hai, salam kenal.
    Mau tanya donk.
    Dari Shinano-Omachi ke Kyoto, transportasinya apa ya?
    Boleh japri saya di fransyustiana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo..

      Thanks sdh mampir ke blog aku.
      Untuk transportasi biasanya naik kereta. Tapi gak hapal euyy timetablenya, bisa dicek di hyperdia.com or aplikasi japan train di android.

      Hope it helps ya..

      Delete
  8. Hai, Mbak!
    Salam kenal ya...
    Aku mau tanya, kalau naik shinkansen ke stasiun Toyama gak perlu transit ya?
    bisa langsung direct?
    Jadwal keberangkatan transportasi untuk Tateyama Alphine Route bisa cek dimana ya?

    Thanks before!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya...
      Ada yang ketinggalan, mbak.
      Dari Kurobe Dam menuju stasiun Shinano Omachi bukannya harus naik bis lagi ya?
      Naik kereta dari Shinano Omachi menuju Tokyo apakah susah untuk menemui informasi transfernya?

      Delete
    2. Hi Vika,

      Terima kasih sudah mampir ke blog aku ya.
      Untuk shinkansen sampai ke stasiun Toyama tergantung ya berangkat dari kota mana, saya kemarin dari Tokyo, klo gak salah 2x transfer. Di jepang rata2 jarang sekali tidak transit Karena memang jalur keretanya banyak sekali. Untuk cek transportnya bisa di web-nya www.alphine-route.com.
      Dari Kurobe ke Shinano iya betul sekali pakai bus, bayarnya tdk terlalu mahal. Saran saya kamu harus cek by detail di www.hyperdia.com atau di aplikasi japan trains klo kamu pake android, disitu jelas banget dan sangat precise naik dari mana, jam berapa, transit dimana aja, hingga ke tempat tujuan.. biasanya klo pake hyperdia atau japan trains kamu gak perlu mikirin transfernya, karena by system mereka sudah cari alternative terbaik, nanti tinggal kamu pilih mau pake piihan rute yang mana...
      hope it helps ya.. happy traveling!

      Delete
  9. Hai Mbak...Salam kenal sy yanti, rencana nya saya lebaran taon depan mau ke tateyama, salju nya masih ada ngak ya mbak? karena kan spt mbak bilang anak tropis kalo ngeliat salju heboh. he...he...
    mohon info nya ya sm rute kereta dan bus yg komplit mbak. thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Yanti,

      terima kasih sudah mampir ke blog aku ya.
      Lebaran tahun depan bulan July ya, sepertinya saljunya sudah mulai menipis terutama snow corridornya.. alphine route ditutup per aug klo gak salah.
      hope it helps.

      Delete
  10. Saya ingin sekali ke japan mbk ,,,semua sudah komplit tgal booking flight,,trus kalau kita dari tokyo ke toyama ,tateyama itu ,itinerary nya gmn mbk,,saya msih bgnung

    ReplyDelete
  11. saya mau tanya< saya akan memakai JR pass, apakah semua kereta menuju ke toyama dan kembali lagi ke tokyo tercover semua? apakah hanya kereta berkode JR dan shinkansen yg di cover oleh JR pass ? apakah kalau kereta berkode depan LTD bgmn? thx dari sylvester bunjamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii.. Thanks udh mampir..
      Toyama adalah stasiun terakhir yg bisa menggunakan jr pass.. Ujung dari perjalanan menikmati tateyama adalah shinano omachi.. Nanti dr sana bisa naik kereta ke tokyo yg tercover jr pass..

      Hampir semua jaringan kereta tercover jr pass, so no worry.. Yg ltd pun juga.. Yg gak bisa cuma nozomi dan hikari saja.. Silahkan download aplikasi japan train untuk lebih mudah cek..

      Semoga membantu..

      Delete
  12. Haloo..

    Thanks udh mampir ke blog saya ya..
    Sok lah tinggal beli tiket trus cus ke Jepang.
    Jadi Tateyama adalah daerah yg klo mau kesana kita harus menggunakan transportasi beda2, ada cable car, bus manual, bus listrik.. Tapi waktunya kita yg arrange sendiri.. Lebih lengkap liat di link mengenai tateyama ya.. Semoga gak makin bingung.. Hehehhee

    ReplyDelete
  13. Askum mbak...
    Minta saran nih mbak.. Sya rencana di tokyo nginap di Ginza.. Kira2 klo mau ke Tateyama biaya brpaan yg mbak? Tanpa pake JR Pass untuk berdua.. Semoga masih sempat dibalas.. Hehe.. Mkasih sbelumnya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mas Andy,
      Klo dr ginza sy kurang paham fare-nya perkiraan dr tokyo ke toyama sja bisa 1jtan diluar dari tateyama sendiri 1.2jtan per orang. Klo perjalanan jauh disarankan beli jr pass.. Oia, donlot juga aplikasi japan train di android. Tks

      Delete
  14. Mbak mau tanya sebelum Tateyama mbak kemana saja? Kalo sblmnya sy brgt dr Takayama lgs di pagi hari ke Toyama bisa gak ya? Trus itu perjalanan 1arah tour ya, kalo mau balik ke Toyama bagaimana ya? Sy mendarat di Osaka tgl 15 juni tp karna mengejar snow wall mau nya lgs ke Tateyama, habis itu mau ke Takayama Shiragawa Go, jd balik dr alpine ke mana ya, thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kartika, saya sebelum dari Tateyama itu dari Nara. Sepertinya kalo dari Takayama lebih singkat waktunya, jadi bisa kok. Perjalanan memang satu arah nanti klo mau balik naik dari Shinano Omachi saja. Sepertinya rute kamu terlalu muter2 deh. dr Shinano Omachi ke Takayama jauh lhoo.. silahkan dicek lagi ya..

      Delete
  15. Mbak,,travel story yang sangat2 menarik buat saya...oh iya, untuk JR Pass sendiri saya masih belum paham bener...itu belinya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Taufan, thanks ya udh mampir..
      JR Pass harus dibeli di luar Jepang, klo kamu di Jakarta bisa di beli di Jalan Tour atau beli online. Nantinya akan menerima semacam voucher JR Pass yang harus ditukarkan dengan JR Pass pada saat di Jepang. hope it helps.

      Delete
  16. Mbak, di awal kan mbak bilang berangkatnya dr tokyo, tapi di foto awal2 ada foto double deck shinkansen yg dr tokyo.
    Sebenernya mbak berangkat dr tokyo ato dr kyoto?
    Minta tolong dijawab ASAP ya mbak, soalnya 14 mei aku insya Allah kesana dan perjalanannya mau ngikutin mbak persis

    ReplyDelete
  17. Kak, mau tanya kalau mau k kurobe itu enaknya dari tokyo apa osaka? Kalau kakak dari tokyo beli tiket jr nya yang mana? Jr east? Atau jr all? Thx. Mohon dijawab ya kak, mepet nih waktunya.

    ReplyDelete
  18. Kak, mau tanya kalau mau k kurobe itu enaknya dari tokyo apa osaka? Kalau kakak dari tokyo beli tiket jr nya yang mana? Jr east? Atau jr all? Thx. Mohon dijawab ya kak, mepet nih waktunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurobe dam?landing nya dari mana?kalau tokyo atau osaka bisa beli JR jalur baru,namanya hokuriku arch pass...itu penggabungan dari JR East dan JR West...lebih praktis,serta coba cek di tateyama alpine route.com...disitu kita bisa beli one way trip melintasi tateyama...kalau dari osaka bisa berhenti di toyama dan kalau dari tokyo bisa berhenti di nagano (ingeettt,,one way ticket)...

      Delete
    2. Klo mau beli JR Pass...bisa di HIS atau travel agent yg ditunjuk Japan Railways...sekali lagi ingat,,Hokuriku arch pass..karena berdasar pengalaman banyak yang masih belum paham tentang JR Pass yg baru ini...biasanya kita disarankan membeli 2 tiket JR Pass..coba cek di JReast.com

      Delete
  19. sorry ikutan nimbrung kak..kebetulan saya ada rencana ke kyoto,osaka,nara,tateyama kurobe..mending beli jr pass / hokuriku arch pass ya?
    terus hokuriku udah cover perjalanan one way yg -/+9000 yen itu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tujuannya kyoto-osaka-tateyama-tokyo...saran saya lebih baik manfaatin JR Pass yg baru itu...hokuriku arch pass (bukan promosi cuma dari compare berbagai macam JR yg tersedia). Hokuriku arch pass tersebut untuk yang memiliki rencana berlibur dari tokyo-tateyama-osaka saja atau sebaliknya yaaa...

      Delete
  20. Hallo, mau tanya, klo kita pake JR hokuriku yg baru itu, apakah kita beli tiket yg 9000JPY itu ga ya ? makasi bantuannya......

    ReplyDelete
  21. Hi, klo saya baca sepertinya JR Hokuriko termasuk tiket antara Tateyama dan Kurobe Lake.. Kalo berniat pindah banyak kota sebaiknya beli Japan Rail Pass saja.. walaupun klo mau ke Tateyama harus beli lagi. tapi jauh lebih irit..

    ReplyDelete
  22. hai.. saya baru baca blog kamu tentang alpine route. yang saya bingung, km sudah beli tiket Dentetsu - Ogizawa 9490 yen, tp kok di perjalanan, km yang sempet naek cable car, naek bus, kereta, dll... apakah biaya nya sudah include di situ? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. iya betul. jadi tiket 9490 itu untuk naik bermacam2 moda transpotasi tersebut.. have fun ya.

      Delete
  23. Hallo mbak.mau tny nih dari Shinano omachi ke tokyo naik train ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. saya dari shinanto kembali ke Tokyo naik kereta memanfaatkan JR pass.. have fun!

      Delete
  24. Hallo mbak.mau tny nih dari Shinano omachi ke tokyo naik train ya?

    ReplyDelete
  25. bagguss bangetzzz...
    haii mba, mba mau tanya dunx..
    waktu mba kesini dibulan apa ya mba ?

    apakah dibulan Oktober ini kita bisa melihat pemandangan yang sama waktu mba berkunjung kesana ?


    Mant yhnx dear for your sharring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ke Mt Tateyama bulan Mei, kalo bulan Oct kemungkinan koridor saljunya tidak setinggi bulan mei, karena sudah mencair dan bulan Nov klo gak salah jalur ini ditutup karena mulai masuk musim dingin.

      Delete
  26. Hi Ka.

    Blognya lengkap banget:)

    Kalo dari Kyoto itu naik shinkansennya dari stasiun apa?\

    Mkasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Made,

      terima kasih sudah mampir ke blog saya ya!
      Dari Kyoto kalo gak salah naik dari Kyoto Station deh.. Biasanya shinkansen itu berangkat dari statiun2 besar.
      hope it helps ya!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..