Perpanjang Paspor

Gak kerasa udah hampir expired paspor lama. Sebenernya masih sampai 13 Januari 2013 siy, tapi berhubung tanggal 6-12 January 2013 mau nge-trip ke Macau, Hongkong n Bangkok jadi perpanjang paspor harus dipercepat deh.. Lagipula prepare aja, kali2 dadakan dapet tiket murahh.. Hehehe...

Saya gak pernah menggunakan jasa calo lho.. Selalu urus sendiri. Murah.. Hehehe.. Lagipula memang dpt izin dari kantor untuk ngurus2 administrasi gitu kyk perpanjang KTP, SIM, dll.. Jd yaa dimanfaatkan sajaa..
Sebenarnya perpanjang paspor itu mudah banget lho.. Yang disiapkan hanya fotokopi KTP, kopi Kartu Keluarga, surat keterangan kerja dari kantor, akte lahir dan paspor lama. Oia, siapin materai jg yaa.. Tapi begitu wawancara bawa semua juga yg asli ya..



Saya perpanjang paspor di Kantor Imigrasi Golongan III Bekasi, alamatnya di Jl. Ahmad Yani No. 2. Kantornya gak terlalu besar.
Prosesnya, saya minta tolong papa saya untuk ambilin formulir. Sebenarnya bisa saja beli langsung disana dan langsung mengumpulkan. Rabu tanggal 8 November 2012 berkas sudah dilengkapi dan di kumpulkan ke kantor imigrasi. Begitu dikumpulkan saya diminta datang hari Jumat 9 November untuk foto dan wawancara. Nah, jgn lupa semua persyaratan yang asli ya. Oia, yang punya rencana umroh atau naik haji trus nama yang tertera dipaspor masih 2 suku kata jgn lupa bilang sama petugas imigrasi pd saat wawancara ya. Biar di upgrade di sistem mereka. Perubahan nama tidak akan muncul di paspor baru, melainkan hanya dicatat disistem. Baru nanti ketika mengajukan visa untuk umroh nama yang keluar 3 suku kata. Cepet kok, saya gak sampai 2jam dikantor imigrasi dan sudah termasuk waktu tunggu. Selesai wawancara, petugasnya bilang paspor saya jadi hari Rabu 14 November 2012. Voilaa... Paspor baru sudah ditangan!!
Biaya untuk perpanjang paspor (48 hal) kena Rp 255.000. Coba kalo pake calo, bs kena Rp 500.000.
Tipsnya cuma 1: dateng pagi. Kantor imigrasi buka jam8, usahakan datang jam7.30. Begitu sampai imigrasi langsung ambil nomor ya.. Pengaturan dengan sistem nomor itu yang bikin proses mkn nyaman..
Well, itu ajaa.. Semoga bermanfaat.
Kalo kata Trinity, Let's get lost!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..

Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route