Macau - Hongkong - Bangkok (Part 1)

Akhirnya tiket-tiket yang saya beli hampir setahun yang lalu dipakai juga. Seperti yang saya bilang di post sebelumnya, kali ini tripnya ke Macau, Hongkong dan Bangkok.

6 Januari 2013

Dari Jakarta saya akan terbang terlebih dahulu ke Kuala Lumpur. Saya pakai maskapai favorit saya, Air Asia, pesawat saya berangkat jam 08.30 dari terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Saya berangkat dari rumah abis sholat Subuh. Sekitar jam 6 saya sudah tiba di Bandara. Oia, kali ini anggota trip saya berjumlah 9 orang, 8 keluarga dan 1 orang sahabat saya dari kecil, Vidya. Jd di grup ini saya dan Vidya yang paling muda.



Selesai ngurus bagasi dan imigrasi kita semua nunggu di boarding room sembari tidur-tiduran. Akhirnya pesawat yang ditunggu-tunggu tiba juga dan kita pun tanpa delay terbang ke Kuala Lumpur. Bismillah.
Oia, kalo terbang menggunakan Air Asia pastikan sudah check in sendiri ya, bisa web check in (max 14 hari sebelum keberangkatan) atau self check in di bandara. Kalo gak nanti disuruh bayar Rp 30.000 per orang, males banget kan?!.

Bayar airport tax Rp 150.000 dan sudah tidak perlu lagi NPWP sebagai tanda bebas fiskal. Saya juga gak ngerti kenapa mesti bayar airport tax semahal itu. Kalo ada yang baca dan mungkin punya jawabannya share yukk..

Jam 11.30 tiba di Kuala Lumpur, butuh waktu 30 menit untuk proses imigrasi dan ambil bagasi. Pesawat berikut untuk terbang ke Macau jam 17.15. Jadi masih ada waktu sekitar 5 jam di LCCT KLIA. Tadinya kita mau ke Putrajaya, sudah nanya2 juga sewa van kesana, jarak tempuh kesana, dll. Tapi setelah dipikir, daripada ketinggalan pesawat berikutnya kita memutuskan untuk tetap menunggu di bandara saja.

Di bandara LCCT, kita makan siang dulu di restoran asia yg ada di Bandara. Saya pesan Nasi Lemak Spesial harganya MYR 19.9. Nyam.. Nyam.. Makan trus sholat deh..

Nah, untung aja td gak ke Putrajaya, krn pas mau masukin bagasi. ternyata salah satu dari rombongan ada beberapa bagasi yang over. Tadi pas dari Jakarta tidak terdetect karena sama petugas bagasi yang dipesan dihitung secara keseluruhan, tapi di KL dihitung sesuai kode booking. Alhasil sempet bongkar koper dulu. Kebayang kan kalo tadi sempet ke Putrajaya dulu... Maklum barang2 yang masuk bagasi adalah amunisi selama di jalan-jalan, kompor listrik, beras, rendang, tempe kering, abon.. Kita ngebayangin bakalan susah nemu makanan halal dan biar hemat juga.. Heheee...

Well, we're getting closer to 1st destination. Tak terasa kita semua dipanggil ke pesawat. Jam17.15 take off dan jam 20.50 tiba di Macau. Nah, sebelumnya saya sudah cek dulu cuaca di Macau, Hongkong dan Bangkok. Ini penting klo bepergian ke Luar Negeri supaya gak salah kostum... Hehehe.. Berdasarkan informasi yang didapat cuaca di Macau itu sedang dingin, sekitar 16°C. Jadi saya sudah siap jaket, syal n sarung tangan.


Daan, tiba juga di Macau. Benar saja ternyata cuacanya memang dingin.. Brrrrr... Begitu turun dari pesawat itu rasanya kayak masuk kulkas, dingin bangetttttt.... !

Karena cuaca dingin makanya kita naik shuttle bus ke terminal padahal jarak dari pesawat ke terminal itu deket bgt sekitar 50meter.. Deket banget kan?! Semua orang akhirnya pake jaket dan syal di bus.. Setelah dicek via hp ternyata cuacanya 10°C sajaaa.... ^_^  Saya langsung pake sarung tangan... kalo gak tangannya lumayan ng-freeze.

  


Berhubung sudah malam maka kita semua memutuskan untuk
naik taksi ke hotel. Kita menginap di Ole London Hotel, Praca de ponte e horta. No. 4-6. Dari Bandara ke Hotel ongkosnya HKD 80, itu sudah termasuk biaya bagasi sebesar HKD 30. Hotelnya sendiri sekitar 720rb untuk 2 malam per orang. Ini hotel bintang 3. Oia, klo mau nginep disini pilih kamarnya yang twin  bed ya jangan yang single bed. Soalnya kamar yang single sempittttt banget. Trus udh lengkap fasilitasnya tv, alat mandi dan handuk.
Begitu nyampe langsung masak nasi... Hehhhe, soolnya kan tadi blm makan malam. Dan nikmat banget makan nasi panas pake rendang :). selesai makan, sholat and langsung tidur.. nyiapin energi buat besok pagi.


7 Januari 2013

Ahaa! Hari yang ditunggu2 tiba. Waktunya jalan-jalan. Kalo udah begini kayaknya makan juga gak napsu... hahaha... Tapi demi kebaikan akhirya saya makan pagi, nasi panas dan rendang. Gak lupa bawa bekel juga.
Satu2nya makanan yg saya pingin beli disini adalah egg tart.

Untungnya stay di hotel ini adalah lokasinya super duper deket ke Senado Square dan Ruins of St. Paul. dari hotel tinggal ke kiri, jalan agak nanjak, ampe ketemu pertigaan trus belok kiri.. jalan lagi belok kiri sampai ketemu jalan raya, belok kanan.. sampe deh di air mancur Senado Square.. total2 jalan kaki cuma 10min,, itu plus udah celingak celinguk di sepanjang jalan.. karena kanan kirinya banyak toko menarik. Kalo langkah kaki bule mungkin 5min juga sampe.. Semua orang di sini jalan2nya buru-buru, mungkin karena mereka ingin cepat2 sampai tujuan jadi bisa menghangatkan diri ya.


Dari Hotel tinggal jalan ke Senado Square.

Di Senado Square masih sisa-sisa tahun baru dan natal. jadi masih banyak ornamen2 tahun baru.. emang seru disini.. Kalau sudah sampai sini gampang banget mau kemana2, petunjuk arah juga jelas banget. jadi klo mau ke Ruins of St. Paul, Gereja St. Dominic, Holy House of Mercy.. semuanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan waktu tempuh relatif singkat.


Sebrang Senado Square

Jalan kaki ke Senado Square



Selesai dari sini tujuan saya adalah Macau Tower, saya berencana naik bus kesana. jadi saya kembali ke Air Mancur Senado Square, dari sini saya berjalan ke arah kiri hingga bertemu dengan lampu merah, dari lampu merah saya menyeberang ke kanan. Sampai bertemu gedung New Yaohan disebelah kiri, saya nyebrang dan mengambil bus nomor 18, tarifnya sekitar MOP 3.2 (tapi saya bayar pakai HKD). Nyampe disana jam 10 kurang, ternyata untuk dapat naik ke towernya baru dibuka jam 10am. Jadilah saya foto-foto diluar dulu.



Macau Tower


view from 51th floor

Pas jam10, baru deh saya ke bawah untuk beli tiket naik ke atas tower, biaya HKD130 untuk dewasa.  Pertama naik ke lantai 51 dulu. Pemandangannya lumayan siy menurut saya, cuma bisa melihat kota Macau secara menyeluruh, sayangnya kaca towernya gak bening dan ditambah kondisi cuaca juga agak berkabut, jadi pemandangan kurang tajam. Macau tower tingginya 336m, tertinggi ke tujuh dunia. Naik lagi ke lantai 68, disini lantai dimana orang-orang mau bungee jumping. Udara dingin kerasa disini, karena kacanya tidak tertutup penuh..

Selesai dari Macau Tower tadinya kita mau ke Museum Grand Prix, tapi gak nyampe kesana. Bolak balik nanya sama orang tapi entah kenapa salah terus naik busnya. Sepanjang jalan, saya memperhatikan bawah Macau sangat memanfaatkan lahan, jadi dibawah jembatan, banyak area yang dimanfaatkan menjadi area publik, baik dalam bentuk taman, lapangan futsal, lapangan basket dan bahkan disalah satu area ada gym umum gitu.. keren yaa..

Akhirnya diputuskan kita langsung aja ke Macau Ferry Terminal, disana ada free shuttle ke hotel dan sarang judi.. hehehee.. tentu saja saya tidak berjudi. Di terminal ini kita bebas memilih hotel tujuan, Venetian, Galaxy, Lisboa, City of Dreams, dll. Tergantung lagi mau kemana, saya aja sampai 3 kali naik free shuttle gratis.

Saya keliling sampai malam. Well, capek juga jalan-jalan seharian..
Akhirnya pukul 9 malam, kita kembali ke hotel.
Untuk yang Hongkong lanjut nanti yaa...


Pilihan Free Shuttle

Busnya gede-gede dan nyaman
Dalam hotel Venetian

Comments

  1. Nanak nasinya pakai apa? Bawa rice cooker kecil kah? Ditanyain ngak pas lewat bagasinya? Thanks ya

    ReplyDelete
  2. Nanak nasinya pakai apa? Bawa rice cooker kecil kah? Ditanyain ngak pas lewat bagasinya? Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nenovelope, saya bawa kompor listrik Maspion Multi Cooker MEC 2750. Alhamdulillah aman2 aja bawa kompornya dan gak ditanya petugas. hope it helps. tks.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..

Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route