Macau, Hongkong, Bangkok (Part II)

Hello.. I'm back again.
Kali ini mau ngelanjutin pengalaman saya ke Macau, Hongkong dan Bangkok.

8 Januari 2013

Pagi-pagi buta, mama saya sudah masak nasi dan lauknyaa udah pada tauu dong, yaaakk pake rendang lagi!. Btw, karena saya bosen, akhirnya saya memutuskan memasak Indomie, dingin-dingin makan Indomie kan cocok banget tuh, kurang cabe rawitnya aja yaa. Selesai sudah sarapannya, mandi dan akhirnya proses check out. Jam 08.00 waktu setempat kita keluar dari hotel daan jangan ditanya dinginnyaa. Suhunya 7C saja :) Harusnya masih di tempat tidur niy. Dari hotel kita naik bus saking mau iritnya. Bayangin aja, 7 orang dengan koper-koper besarnya naik bus, untung supir busnya baik banget mau nungguin kita semua naik dan bahkan duduk baru dia jalan. Baik ya supirnyaa. Jangan disamain sama supirnya Mayasari Bhakti yaa! Saya naik bus, maaf lupa nomornya, butuh waktu sekitar 45menit ke Macau Ferry Terminal. Rasanya saya sudah bosan ketempat ini, maklum kemarin kerjaannya bolak-balik ke sini terus demi free shuttle.

Lagi nunggu bus :)

Begitu sampai di Ferry Terminal, saya buru-buru antri tiket ternyata keberangkatan selanjutnya jam 09.30, lumayanlah nunggunya tidak terlalu lama apalagi lagi ada proses imigrasi. Saya mengantri di loket khusus jurusan Tsim Tsa Tsui, karna memang penginapan saya di daerah Nathan Road. Biayanya HKD 140, lama penyebarangan sekitar 30menit saja. Keberangkatannya mulai pukul 07.00 dengan interval waktu 30 menit. Lumayankan perbedaan waktunya tidak terlalu lama. Yang pakai jasa Ferry ini keren-keren lho orangnya. Bapak-bapak bule berdasi, mungkin selesai berjudi mereka kembali ke Hongkong untuk mencari uang ya. Begitu tiket ditangan, saya dan rombongan masuk ke proses imigrasi. Sempat ada masalah saat proses imigrasi, ternyata tante saya menghilangkan departure card yang seharusnya dikembalikan ke pihak imigrasi. Masalahnya adalah saya sudah masuk duluan ke dalam dan tidak bisa membantu. Tante saya tidak bisa bahasa inggris dan petugas imigrasi juga tidak bisa bahasa inggris. Cocoklah bahasa tarzan keluar.. hehehe.. Petugasnya galaaak bangett.. Akhirnya setelah diberikan kartu baru tante saya bisa lolos imigrasi. Kami pun berlarian ke Ferry karena sudah last call, gaya yaa.. tapi memang begitu. Mereka ketat sekali dengan jadwal keberangkatan.

Suasana di dalam kapal Ferry, lagi sepi.
Well, goodbye Macau.. Welcoming Hongkong.

Harusnya naik Ferry ke Hongkong menjadi tambahan pemandangan baru, ketika Ferry mendekati Hongkong, yaa.. pemandangan dari laut menghadap ke gedung-gedung pencakar langit Hongkong yang super duper tinggi dan buanyaaaak banget itu harusnya keren tapi berhubung berkabut jadi kurang jelas deh. Hongkong aja sudah begini kerennya ya, apalagi New York. Moga-moga bisa kesampaian ke sana. Amiin

Buat yang baru pertama kali ke Hongkong, pasti awalnya bingung dengan pulau-pulau yang ada di Hongkong. Singkatnya ada 4 pulau besar yang nantinya akan sering di kunjungi, yaitu Hongkong Island (terkenal dengan Disneylandnya), Tsim Tsa Tsui / Kowloon (terkenal dengan pusat perbelanjaannya, Ladies Market tau dong yaa, disini niy tempatnya!), Wanchai, dan Lantau Island (nah, klo yang ini kita harus naik cable car untuk bisa ngeliat patung Big Budha). Saya sendiri lebih memilih untuk menginap di daerah Tsim Tsa Tsui / Kowloon aja, karena kata orang-orang lebih enak disini.

Balik lagi ke agenda saya. Begitu tiba Kowloon Ferry Terminal, yang sebenarnya menjadi satu gedung sama satu hotel, tapi maaf saya lupa nama hotelnya, lokasinya deket banget sama hotel saya. Hasil nanya dengan resepsionis hotel dan berbekal peta akhirnya kita memutuskan jalan kaki saja. dan benar saja, tidak sampai 15 menit saya sudah ada di Nathan Road, salah satu jalan paling ramai di Kowloon. Sama kayak Orchad Road di Singapore, tapi orangnya lebih banyak disini.  Setelah bengong-bengong di jalanan selama 2 menit, akhirnya ketemu juga dengan guesthouse saya, namanya Yiu Fai Guesthouse. Lokasinya diantara Citibank dan Standard Chartered Bank. For info, di Hongkong banyakkk banget gedung Citibank dan Standard Chartered, jadi jangan ampe salah yaa..

Nah, begitu sampai di reception, saya ketemu langsung dengan ownernya, harga per kamar di sini jika untuk 2 orang per kamar biayanya HKD 400 / malam, jika diisi dengan 3 orang biayanya HKD 500. Tapi disini lokasinya super duper strategis. Dekat stasiun MRT, depan hotel ada banyak bus stop. Karena kamarnya kosong, makanya kita bisa langsung masuk kamar. Jangan kaget yaa, kamarnya sempittt bangettt. Hati-hati kamu yang phobia tempat sempit ya. hehehe.. tapi kamarnya bersih kok. Kelebihan menginap disini adalah owner menjual juga tiket beberapa tempat wisata seperti Ngong Ping, Peak Tram. Harganya jauh lebih murah. makanya nginep disini aja.. irit lho.. heheeh.. Tadi kita dapat tiket Ngong Ping HKD 110 dan Peak Tram + Sky Terrace HKD 60. Bandingin sama harga aslinya Ngong Ping di sini , beda HKD 25 siy tapi kan lumayan :), trus kalo The Peak bisa lihat di sini,  bisa juga beli paket Peak Tram + Sky Terrace + Madame Tussaud, tapi saya berencana masuk ke Madame di Bangkok saja, karena ada mantan presiden pertama kita disana.

Selesai beres dan makan siang di hotel.. Untungnya sudah bawa bekel dari Macau, jadi bisa menghemat waktu dan uang pastinya.. Lumayan uang makan bisa di alokasikan untuk beli oleh-oleh di Ladies Market.. ihiyy..

Tanpa membuang waktu lagi akhirnya abis makan siang, kita lanjut lagi.. jika sesuai itinerary, kita mau ke Ngong Ping, City Gate dan Disneyland (tapi cuma mejeng doang numpang foto di gate-nya). Dari Nathan Road kita nyebrang ke stasiun MTR Tsim Tsa Tsui, nyempetin beli Octopus Card HKD 150, oia, ini kartu individual ya, jadi setiap orang harus punya. Untuk ke Ngong Ping, stasiun tujuan adalah Tung Chung (stasiun paling akhir) di Tung Chung ada City Gate Mall, mall yang sifatnya factory outlet barang-barang bermerek. Jadi barang di diskon sudah pasti disini. Dari MTR Tung Chung, kita langsung ngikutin papan petunjuk Ngong Ping. Naik eskalator, kita ke loket dulu untuk nukerin voucher yang didapat dari guesthouse untuk di tuker tiket masuk. Ini yang saya suka kalau bepergian ke luar negri, kita tidak direpotkan cenderung dipermudah untuk urusan seperti ini. semuanya terintegrasi, nyamannya luar biasa. Kapan ya negeri kita seperti mereka? *curhat.. hehehe... Alhamdulillah, tidak ada antrian yang berarti, gak perlu menunggu lama langsung dapat cable car, 1 cabin muat untuk 10 orang, berhubung kita 9 orang, makanya muat deh, walaupun agak2 serem juga takut kepenuhan, soalnya yang lain isinya cuma 2 orang.. heheeh.. yang ini, udah 9 orang dan orangnya besar2 pula.. hehehe... Selain merasakan sensasi naik cable car terpanjang di dunia, dari Hongkong Island ke Lantau Island. Tujuan kesini adalah untuk melihat patung Big Budha, cuma perlu usaha banget niy kesini, ada ratusan anak tangga.. Jadi, mending niatkan untuk sampai ke atas, diatas sebenernya ada mini museum siy, gratis lho.. Dari atas pemandangannya seharusnya bagus ya, tapi sayang, bulan Januari itu ketutupan kabut.. jadi agak samar-samar gitu pemandangannya deh..

Di depan eskalator menuju terminal cable car

Ini cable car-nya

Loket Ngong Ping, voucher dari hotel dituker disini

Di dalam Cable Car

Panjang yaaa kabelnyaa..

menuju Big Budha

kelihatan ya Big Budhanya..

Semakin dekat ke Big Budha

Say Hi to Big Budha

Setengah jalan menuju Big Budha, kecapean !
Puas di Ngong Ping, akhinya kita memutuskan ke Disneyland. Untuk ke Disneyland ini memang naiknya dari stasiun MTR Tung Chung dan berhenti di stasiun MTR Sunny Bay, keretanya lucu lhoo.. jendelanya kepala Mickey Mouse. Disana juga tidak tidak terlalu lama, Cuma mejeng di bawah tulisan Disneyland Hongkong, soalnya kita rombongan orang dewasa siy, jadi tampak rugi klo harus masuk ke dalam. Dan dari segi biaya juga mahal banget. Menjelang magrib kita kembali ke stasiun MTR Tung Chung, disana mampir sebentar ke City Gate. Ngelirik-ngelirik apakah ada barang lucu yang murah. Oia, kalau ada yang suka banget sama The Body Shop, disini bisa beli grosiran lho, jadi misalnya beli body butter, harus beli minimal 6 pcs, sebenarnya lumayan banget tuh untuk oleh-oleh atau dijual lagi.. heheheh..

didepan kereta ke Disneyland

Puas keliling-keliling di City Gate, kita nyempetin makan malam dulu, waktu itu sekitar jam 07.00 malam. Tadinya kita mau langsung pulang, tapi ternyata diputuskan kita mampir dulu ke Ladies Market.
 Di Ladies Market itu susah-susah gampang nemunya. Soalnya dia modelnya kayak lapak-lapak gitu yang dibuat non permanent.. barang-barangnya siy lumayan ya, tapi hati-hati harus nawar gila-gilaan yaa. Oia, saya sempet beli gantungan tas dan yang jual  gualaaaak banget. Masa kita gak boleh milih-milih, untuk dikasih harga murah, jadi gak marah balik deh. Gak kerasa waktu sudah menunjukkan jam 10 malam. Akhirnya kita memutuskan kembali ke hotel. Kasian om dan tante saya kecapean, lagipula hebat juga mereka dari pagi bisa terjaga ampe malem.. gak tau deh yak lo mereka diem-diem misuh-misuh di belakang saya… hahaah..

Sekian dulu untuk hari pertama di Hongkong.. nanti dilanjutkan lagi yaa (*kalo gak terkena sindrom malas)

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..