Next Trip Japan : Cari Hotel murah di Jepang

Wah,, ternyata ini tulisan pertama saya di tahun 2014.
Sudah lama juga ya... hehehe

Nah, berhubung sebentar lagi saya mau liburan bareng 4 teman saya ke Jepang. Sekarang siy lagi dalam tahap mengumpulkan uang sebelum mengajukan visa. Agak-agak ngeri juga ya, apalagi lagi saya bukan tipe orang yang suka menabung, tapii saya gak sombong lho..hehehe.. Soalnya kalau saya baca referensi orang yang sudah pernah ke Jepang, tidak ada yang menjamin jumlah uang minimal yang harus ada di rekening kita, yang ada mereka (pihak kedutaan) akan membandingkan agenda perjalanan kita dengan jumlah uang yang tersedia di rekening. Makanya tips-nya adalah membuat agenda perjalanan sesederhana mungkin. Tapi jangan bikin agenda sederhana untuk acuan jalan-jalan kita di Jepang ya, bisa-bisa ntar kita nyasar. 


Sebelumya saya sudah memesan kamar, berhubung kita berempat termasuk budget traveler makanya kita cari hotel yang murah-murah aja. Di Jepang, khususnya di Tokyo biaya hotelnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kota lain seperti Osaka, Nara. Bahkah harga kamar di Kyoto masih di atas harga kamar di Osaka dan Nara. Yaapp,, karena saya 6 malam di Jepang, tiba di Osaka dan kembali ke Jakarta dari Tokyo Haneda, akhirnya kita memutuskan menginap di Nara dan Tokyo.

Hotel, guesthouse atau hostel saya mencarinya di www.booking.com, website ini andalan saya kalau lagi perlu hotel. Alasannya, harga yang ditawarkan sudah termasuk pajak dan kadang kala ada pilihan free cancellation atau pembatalan gratis. Hal ini penting karena dengan begitu kita tidak akan dikenakan biaya pembatalan. Karena fasilitas ini juga saya sempat memilih beberapa guesthouse sebelum akhirnya memantapkan pilihan pada satu guesthouse dan membatalkan yang lainnya. Jadi selama ada keterangan free cancellation, booking dulu ajah, asalkan inget untuk dibatalin kalau gak jadi pake ya!

Referensi lainnya adalah di www.tripadvisor.com, di website ini karena pengalaman orang-orang yang pernah menginap di hotel tertentu biasanya menuliskan ulasan pengalamannya di sini. Berhubung sebagian besar pengguna website ini adalah orang-orang dari mancanegara dan biasanya mereka lebih terbuka terhadap suatu kondisi tertentu, makanya website ini ulasannya 90% bisa dipercaya. Kalau jaraknya deket yaa dibilang deket, kalau tempatnya jorok yaa akan dibilang jorok.. Gak kaya orang Indonesia kalau dimintain pendapat seringnya ambigu, gak jelas dan banyak gak enaknya.. hehehee.. Uppss... jangan tersinggung ya... hehehehe.. tapi bener kan?!

3 malam pertama saya dan teman-teman memutuskan untuk menginap di Nara Komachi Guesthouse, menurut Trip Advisor Nara Komachi adalah salah satu guesthouse terbaik di Nara. Karena kami berempat maka kami menyewa 1 kamar dorm yang berisikan 4 orang. Harganya?? Murahhh banget.. total untuk 3 malam di Nara kita cuma kena biaya Y6.975 atau setara dengan Rp 837.000 jika menghitung kurs 1 Y = Rp 120. Nah,, murah kann?!! Jadi perhari cuma Rp 279.000. Fasilitasnya, kamar private untuk 4 orang, kamar mandi dalam, flat tv dan wifi gratis. Ok banget kan?!.

Faktor lain memilih hotel adalah harus dekat dengan stasiun, berhubung nantinya saya akan membeli JR Pass dan stasiun JR ini lokasinya berbeda dengan stasiun subway (ada beberapa stasiun JR gabung dengan stasiun subway). Maka saya selalu mencari hotel yang dekat dengan stasiun JR. Nah, si Nara Komachi ini deket banget sama Stasiun Nara. Trus, mau ke Nara Park juga dekat.. Pas banget di tengah kota Nara.

 
Selain ranking, aspek kebersihan dan jarak juga perlu diperhitungkan dalam memilih hotel.


Penampakan Nara Komachi
 Selesai di Nara, kota selanjutnya adalah Tokyo. Nah, disini agak-agak bingung niy, soalnya untuk ukuran guesthouse pun masih terbilang mahal, menurut saya ya!. hehehe.. Akhirnya saya dan teman-teman memilih di Khaosan Tokyo Ninja, lokasinya di daerah Asakusa. Dimana itu, nah,, saya juga belum tau banget.. hehehe.. lagi-lagi faktor harga dan lokasi juga yang menentukan pemilihan guesthouse ini. Selain itu, lagi-lagi menurut Trip Advisor, ini adalah salah satu yang terbaik juga. So, why don't we give a try! Total biaya yang dikeluarkan untuk 1 orang untuk 3 malam adalah sebesar Y9.000 atau kalau di kurs-kan menjadi Rp1.080.000, jadi 1 malam kena biaya Rp 360.000. Harga ini masih masuk akal lah ya.. Fasilitas juga hampir sama dengan yang di Nara Komachi.

Soo, untuk hotel sudah beres ya. Selanjutnya yang sedang diurus adalah visa dan pembelian JR Pass.
Yang tidak kalah penting menurut saya adalah pocket wifi. Apa itu pocket wifi? Pocket wifi adalah semacam modem wifi yang sifatnya mobile, bentuknya kecil sehingga bisa dibawa kemana kita pergi. kenapa hal ini penting, maklum saya dan teman-teman perlu eksis di sosial media, hheheh, dan yang terpenting adalah untuk mencari-cari informasi jika nyasar atau perlu info sesuatu. Dan lagi wifi di Jepang tidak seperti di Korea Selatan yang banyak tersedia free wifi, kebanyakan kita harus masuk kedalam cafe atau restoran. Dan banyak tempat yang belum tercover free wifi.

Saya sudah sempat mengecek beberapa provider pocket wifi di Jepang. Rata-rata harganya sama dan beberapa ada yang dikenakan biaya kirim. Saya akhirnya menjatuhkan pilihan di www.globaladvancedcomm.com, karena untuk biaya sewa selama 7 hari dikenakan biaya Y5.550 dan bisa digunakan untuk maksimal 10 gadget, jadi bisa sharing biayanya, karena saya berempat jadi perorang kena biaya Y1.338 atau sekitar Rp 166.500. Yah, lumayan yaa untuk 7 hari dan biar eksis doong.. ehehehe.. Enaknya disini adalah kita tidak dikenakan biaya pengiriman dan setelah dicek di beberapa provider kita akan dikenakan biaya kirim. Sistemnya adalah kita memesan online dan langsung menentukan pilihan tempat pengambilan, karena saya tiba di Kansai Airport maka pocket wifi akan dikirimkan kesana. Untuk pengembaliannya juga mudah, kita sudah dibekali amplop yang sudah ada perangko dan alamatnya jadi kita tinggal menitipkan pocket wifi tersebut di kantor pos terdekat. Mudah kan?!

Well, itu dulu yaa.. semoga visa saya approved dan saya bisa lanjut memproses keperluan lainnya.

Comments

  1. Mbakk... Reviewnya bagusss... Tp bole request untuk pemilihannya fontnya ga ? Ganti yg lain mbak klo bisaa... Yg ini, klo kelamaam, pusing jg bacanya.. Makasih yaaa... ^_*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..

Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route