Musim Gugur di Jepang (lagi?!) Day 1 & 2 : Nara, Osaka, Kyoto

Oct 01, 2015

I'm in love with Japan!
I do yes.. Akhirnya saya kembali ke Jepang, kali ini berbeda musim, saya ingin merasakan musim yang lain di Jepang. Autumn in Japan, judul perjalanan kali ini.Lebih lama, lebih banyak kota, lebih banyak hotel, lebih banyak pasukan, ibarat Indonesia, kali ini perjalanan saya dari Sabang hingga Merauke, iyaa, kali ini saya akan berkunjung hingga pulau ke Pulau Hokkaido. Dan, berkesempatan mengunjungi Shikarawa Go, salah satu desa yang masuk dalam konservasi UNESCO. Best view untuk kesini sebenarnya pada saat musim dingin, tapi apa daya musim gugur pun juga sangat ok!

Karena saya sudah pernah ke Jepang sebelumnya, saya lebih banyak tau do's and don't s -nya kali ini. Perjalanan kali ini saya mengajak Mama, Rian (Adik saya) dan sepupu mama saya yang berjumlah 5 orang. So, jumlah orang dalam perjalanan kali ini adalah 8 orang termasuk saya. Berhubung semuanya pada senior dan adik saya masih kuliah, jadilah saya merangkap travel agent, mulai dari cari tiket, bikin itinerary, nyari hotel, ngingetin mereka apa yang harus dibawa, tips and trick-nya, dst.. Pokoknya ribet dehhh.. hahahahaa.. 


Jadi, hari ini kami semua berangkat ke Jepang, rencananya akan landing di Kansai International Airport transit di Kuala Lumpur. Kebetulan flightnya kebagi 2 nih, mereka berlima berangkat dari Jakarta jam 18.30 malam, sedangkan saya dan keluarga berangkat jam 20.30 WIB. Namun, akan berangkat dari KLIA menggunakan pesawat yang sama. Alhamdulillah, kami semua tiba tepat waktu di KLIA dan beruntungnya saya bertiga adalah saya dapat tempat duduk yang dekat jendela dan hanya berisi 2 seat saja, meski agak dibelakang tapi lumayan lega.. Mau bobo dulu yaa, bangun-bangun nanti udah di Jepang.. :)

Oct 02, 2015

Alhamdulillah, kami semua tiba di Kansai Int'l Airport tepat waktu. Wohooo,, rombongan jangan ditanya lagi gimana senengnya. Well, senengnya baru sebentar, karena selalu ada drama di setiap perjalanan, drama pertama adalah satu koper tante saya gak kebawa pesawat... Saya juga bingung kenapa bisa gak kebawa, saya pernah ketinggalan bagasi pada saat ke Korea (baca disini), tapi itu tidak hanya saya aja tapi semua penumpang connecting flight dari KL, karena pesawat dari Jakarta ke KL terlambat. Well, akhirnya saya bicara dengan petugasnya dan bertanya, ternyata tante saya itu membawa koper kosong, yaa gak kosong2 banget sih tapi mungkin terlalu enteng jadi dianggap bagasi yang mencurigakan dan ditinggalkan di K, status kopernya to be checked. Ok, mereka akan mengirimkan kopernya ke hotel kita, tapi pas mereka tanya ke hotel mana, saya segera share itinerary saya selama disana.. Dan, petugasnya pusing, katanya "oh God, you moving a lot?" yap, 2 hari di Nara, dilanjutkan ke Takayama dan lanjut Tokyo. Akhirnya diputuskan koper akan dikirimkan ke hotel yang ada di Tokyo saja untuk menghindari ada delay selama pengiriman koper. Ok, grup rempongs pun melanjutkan perjalanan...

Keluar imigrasi, seperti perjalanan sebelumnya saya mengambil pocket wifi dan mengurus JR Pass, bagaimana dengan rombongan grup rempongs? Yah,, biarkan mereka asyik-asyik foto2 di bandara.. Perjalanan pun dilanjutkan dengan tujuan kota pertama Nara, dua kali ke Nara, tapi saya tidak pernah menjelajah kotanya. Trus ngapain dong di Nara, keluar dari stasiun saya menghirup udara dan berusahan memasukkan oksigen ke paru-paru saya sambil bilang "Hello Nara, we meet again!"... Hmmm,, ternyata Nara tidak banyak berubahh.. Yaiyalahhh,, kan baru balik setahun yaa, macam udah gak ke sini 10 tahun aja.. hahahah. Saya kembali menginap ke Nara Komachi Guesthouse (baca disini), saya tahun lalu menginap di sini, dan I'm in love with this super-tiny-but-clean guesthouse. Grup rempongs kelaperan! Saya udh ingatkan mereka untuk bawa makanan, emang dibawa sih, tapi ternyata udah dimakan pas sarapan. Padahal yaa,, saya juga sudah pesankan makanan untuk mereka di pesawat. Wahhh,,, rombongan jago makan rupanya... hehehehe...

Well, Kazu, ownernya guesthouse, bilang ada restoran baru semacam Yoshinoya di depan gang guesthouse, namanya Sumiya klo gak salah, akhirnya kita makan kesitu sebelum ke Osaka.

Untuk urutan trip saya bisa dibilang sama dengan perjalanan tahun sebelumnya. Jadi, gak banyak bahas yaa, saya update aja foto-fotonya aja. Buat yang belum baca trip saya ada disini kok.

Dulu salah naik kereta, sekarang udah bener naiknya

Dotonburi Area

Getting close to Glico Man

the Famaous Glico Man

Genk ABG! :)


Oct 03, 2015

Saya dan keluarga explore ke Kyoto nih. Wah, saya sempat deg-degan pas pergi sama rombongan kesini, karena kan sebenarnya dalam 1 hari harus kebanyak tempat itu agar peer ya. Apalagi rombongan saya ABG semua (angkatan babe gw), tapi ternyata Alhamdulillah semua agenda dapat dan kalaupun ada beberapa rombongan yang skip gak ikutan, contohnya pas kita ke Kuil Emas, gak semuanya masuk kedalam, sayang ya padahal, tapi udh dibujuk-bujuk tetap gak mau. But the show must go on, selama masih ada yang mau  masuk agenda harus on schedule, jadilah sebagian masuk dan sebagian nungggu dipintu masuk. Yang penting semua happy!!


Lokasi foto yang sama hanya beda personil :)

Neighborhood



Ibu2 klo belanja, mesti sama belanjaannya :)

Admiring lamp?!

Your life is in your hands

Well, that's all for Nara, Osaka and Kyoto. Nanti dilanjuti sama kota2 lain yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya ya.

See ya next page! :)








Comments

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..

Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route