Perpanjang Paspor Sendiri?? Siapa takut!!! (Kabar baik untuk Warga Bekasi)

Helloooww...

Saya akhir Oktober mau traveling lagi nih..
Yaayyaya,, setelah sekian lama, uppss, gak deh, setelah hampir setahun saya gak jalan2.
Jalan2 ke luar negeri klo domestik alhamdulillah masih suka jalan walau dengan dana sangat terbatas ,, Nah, kan kasian paspor saya gak kepake tahun kemarinn dannnn setelah dicek lagi..
paspor saya mati di bulan November ini. Duhhh.. #tepokjidat.

Well, awalnya saya sempat gak semangat nih perpanjang paspor sendiri. Yang pertama dan yang menjadi halangan terbesaar saya adalah sekarang kantor saya pindah ke BSD. Zoonnkk banget kan kalo harus bolak balik ke Bekasi dan BSD, jelas2 beda planet dan butuh paspor (kata orang2). Yang kedua adalah, perpanjang paspor secara online sedang offline, alias lagi gak bisa. Ada pengumuman resmi dari pihak imigrasi.. Nah, kedua hal itu yang buat saya rada gak semangat ngurus paspor. Tapi tetap aja, walaupun halangan terberat itu gak membuat saya perpanjang paspor pake calo. Big No!! and NO WAY!!!! ... Saya sangat anti calo. 

Akhirnya, saya memutuskan dan menyiapkan diri sendiri untuk bangun super duper pagi, bahkan rencananya saya akan berangkat sebelum sholat Subuh dan sholatnya di Imigrasi saja (agak lebay yaa??).. Kantor imigrasi terdekat saya di Kantor Imigrasi kelas II di Bekasi, tepatnya di Jl. Ahmad Yani, lokasinya agak nyempil di belakang stadion itu. Saya pernah 2 kali perpanjang paspor disini. Antriannya?? Jangan ditanya, padahal waktu itu saya sudah pakai paspor online.

Singkat cerita, karena niat suci saya bangun pagi, saya mencari-cari lagi informasi persyaratan yang harus dibawa untuk keperluan perpanjang paspor. Ternyata syaratnya mudah, hanya KTP (fotokopi dan bawa yang asli) dan paspor lama. Nah, pencarian selanjutnya dan yang membuat saya semangat perpanjang paspor adalah sekarang bisa daftar antrian secara online. Yippiiiieeee... Akhirnya saya gak perlu sholat subuh di imigrasii... 

So, ini dia caranya ya
1. Silahkan masuk ke link : www.imigrasibekasi.com 
2. Setelah masuk ke web, silahkan pilih layanan publik dan memilih opsi Antrian Online Permohonan Paspor

Homepage Imigrasi Bekasi
3. Setelah pilih Antrian Online Permohonan Paspor

Dihalaman ini, pastikan kamu memasukkan nomor HP yang aktif yah, karena melalui SMS akan dikirimkan kode unik untuk proses selanjutnya. Waktu untuk memasukkan kode unik ini hanya 5 menit, jadi kalau kelamaan silahkan diulang lagi ya.

Pastikan HP aktif ya!
4. Masukkan kode unik

Nantinya kamu akan menerima kode unik untuk diinput di halaman selanjutnya. Ingat, ingat, ingat, waktunya hanya 5 menit ya. Kalau gak keburu akan diulang lagi prosesnya.

Ingat! Waktunya hanya 5 menit :)
5. Selanjutnya adalah memilih hari mengajukan permohonan paspor

Hayoo, silahkan dilihat jadwal masing-masing, silahkan dicari waktu yang kosong untuk perpanjang paspor ya.

Jangan yang dipilih tanggal silang ya... hehehe
6. Memilih waktu untuk mengajukan permohonan perpanjang paspor

Ternyata waktunya cukup banyak dan flexible. Kalau males bangun pagi yaa, silahkan milih waktu yang rada siangan. Eittss,, tapi jangan sampai telat ya. Nanti bakalan dilewat dan kamu harus milih tanggal lagi.


7.  Pilih jumlah pemohon yang diajukan

Nah, enaknya ini nih.. 1 nomor pendaftar bisa untuk 1 hingga berapa saya maaf lupa (hehehe), intinya bisa lebih dari 2 sih. Yang penting tau nomor KK orang yang ingin melakukan perpanjangan paspor.

Silahkan daftarkan mama, papa, adek, kakak, kakek, nenek yah! :)
8. Masukkan data diri

Seperti yang tadi saya bilang, harus tau nomor KK orang yang ingin melakukan perpanjangan paspor yah. Kalau tidak, proses pendaftaran online tidak bisa diteruskan.


9 Selesai
Setelah selesai nantinya akan dapat nomor pendaftaran dan ada QR Barcode untuk mungkin nanti discan, saya juga belum tahu karena pada saat posting belum sampai tahap itu.



Nah, gimana2?? Mudah kan?! 
So far sih, saya baru dalam tahap pendaftaran saja. 

Salut untuk Imigrasi RI, semoga rakyat dipermudah dalam mengurus ini itu agar calo tidak bisa berkembang. Semoga terobosan ini menjadi awal terobosan lainnya dan kedepannya akan lebih mudah lagi dalam perpanjangan paspor.

Nanti saya update lagi ya jika sudah proses perpanjangan paspor di kantor imigrasi Bekasi.
Soo,, hayooo, urus sendiri perpanjangan paspormu! Jangan pakai calo yah!

Comments

Popular posts from this blog

Money Changer Rate Murah!!

[Mudik] Nyebrang ke Sumatera lewat Tanjung Priok, anti antri dan cepat..

Japan Trip Day 5 : Mt Tateyama - Tateyama Alphine Route